Monday, May 2, 2016

MAKANAN KHAS KOTA SURABAYA

MAKANAN KHAS KOTA SURABAYA
MAKANAN KHAS KOTA SURABAYA
MAKANAN KHAS KOTA SURABAYA
Keunikan Indonesia adalah pada setiap kota mempunyai ciri khas yang berbeda-beda, bisa meliputi bahasa, baju adat, tatakrama sampai makanan yang khas pada masing-masing kota. Dalam tulisan kali ini akan membahas tentang makanan khas suatu kota, tepatnya makanan khas kota Surabaya.




1. Rujak Cinggur
(Rujak Cinggur)
Rujak Cinggur adalah makanan khas kota surabaya, dalam bahasa jawa cinggur berarti "mulut atau moncong sapi". Rujak Cinggur biasanya terdiri dari kerai, timun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah dengan lontong, tahu, tempeh, bendoyo serta beberapa sayuran seperti toge, kangkung, kacang panjang dan yang paling penting yang merupakan ciri khas makanan ini ada tambahan cinggur sapi. Sambal dari rujak cinggur adalah petis, udang dan air untuk mengencerkan. (Baca: 6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja di Pagi Hari)

2. Lontong balap
Lontong Balap

Lontong Balap merupakan makanan khas kota Surabaya yang banyak digemari warga Surabaya dan luar Surabaya, komposisi lontong balap terdiri dari beberap lontong, lentho (Perkedel dari singkong dan kacang tanah yang digoreng), sayur toge dan biasanya disajikan dengan sate kerang. 

menurut cerita dahulu kenapa dinamakan dengan lontong balap, karena dahulu lontong balap dijual dalam kemaron beras yang terbuat dari tanah liat yang dibakar yang berat dan dipikul keliling kota, para penjual lontong balap ini berebut pembeli di pasar, berpacu balapan dengan penjual lainya berjalan cepat-cepat hingga pos terakhir di pasar Wonokromo Surabaya, dari balapan ini kemudian makanan ini dinamakan lontong balap.

3. Sate Kelapa
Sate Kelapa

Salah satu makanan khas kota Surabaya adalah sate kelapa, sate kelapa terdiri dari sate lulur daging dalam yang sudah dipisahkan dari otot-ototnya, sehingga ketika dimakan susah dikunyah, kemudian sebelum dibakar sate ini ditaburi parutan kelapa didalamnya. Aroma kelapa inilah yang menjadikan sate menjadi harum, disertai dengan sepotong gajih (lemak) menambah harumnya sate ini, sate ini bisa dimakan dengan lontong maupun nasi. (Baca: 7 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia)

4. Semanggi Suroboyo
Semanggi Suroboyo
Makanan khas Surabaya ini mirip dengan Pecel. Semanggi Suroboyo disajikan dengan sayuran seperti daun semanggi, toge rebus, disiram bumbu, dan ditambah kerupuk puli diatasnya menambah kenikmatan makanan ini.
Semanggi Suroboyo biasanya dapat ditemukan ditempat-tempat tertentu di Surabaya, seperti Taman Bungkul, Taman Prestasi, area Tugu Pahlawan dan beberapa tempat dikampung lama Surabaya. Biasanya Semanggi Suroboyo dihargai Rp. 5000 per pincuk daun pisang. (Baca: Sosialita Gaya Hijabers)

5. Lontong Kupang
Lontong Kupang
Lontong kupang salah satu makanan khas kota Surabaya, makanan ini terdiri dari lontong dan kupang (sejenis kerang laut kecil) yang disajikan dengan bumbu olahan cabe. Lontong kupang biasanya disajikan dengan petis kupang, jeruk nipis, lontong dan irisan lentho dan ditambahkan dengan cabe rawit, sebagai pelengkap biasanya juga dihidangan sate kerang untuk menambah kelezatan makanan ini.


No comments:

Post a Comment